"Today’s word is ‘ikhlas’. That makes me smile when I remembering my fault, the unfortunate, the lost chance, and also the past.."

Ikhlasin aja…

Sumpriiiit..itu adalah kalimat pendek yang paling sering saya denger minggu-minggu ini..

Sering muncul penyesalan saat inget kesalahan yang pernah dibuat, kehilangan yang pernah dialami, kesempatan yang nggak dimanfaatin dengan baik, bahkan masa lalu yang seharusnya nggak begitu..

Andai saja dulu…. adalah kalimat yang sering digumamkan saat datang penyesalan. Ya, penyesalan memang datang terlambat, sama seperti mahasiswa yang bangun kesiangan padahal kuliah pagi #eh

Seperti orang-orang yang hidup di berbagai belahan dunia, saya juga pernah merasa menyesal. Karena bikin salah sama orang2 di sekitar, karena udah nyimpen barang nggak baik, jadi aja barangnya hilang, dan karena kesempatan bagus malah dibuang gitu aja kayak nggak butuh, padahal kalo ngambil effort dikit aja, impian pasti udah tercapai. Nyesal sama tahun-tahun yang udah pernah dilewatin…

Tapi kemudian, ada beberapa peristiwa dan pembicaraan yang mengingatkan saya bahwa manusia memang punya rencana, tapi milik Tuhan itu paling baik. Kesalahan kemarin, kehilangan-kehilangan kemarin, terbangnya kesempatan kemarin, memori-memori kemarin mungkin Tuhan berikan sebagai bekal dan pelajaran supaya saya jadi manusia yang lebih baik. Bukan untuk disesali..

Ikhlas adalah kunci untuk menghadapi semuanya dengan lancar, tenang, dan tanpa penyesalan. hehe.

Ikhlas, just let them go. Smile, things better will come…

  1. jengnira reblogged this from dyshelldyshell
  2. dyshelldyshell posted this